Pertanyaan Tentang Koi dan Kolam Koi Terbaru

BLOGGING - Personal and Human Life Sekelumit catatan tentang nge-blogging, sebagai sarana share pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to My AOL Subscribe in Bloglines

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

LEAVE YOUR OPINION
Free shoutbox @ ShoutMix


Latest News ARCHIVE September 2006 | October 2006 | December 2006 | February 2007 | March 2007 | April 2007 | May 2007 | June 2007 | July 2007 | March 2009 | April 2009 | September 2011 | December 2011 |





  Powered by Blogger   Subscribe to
Posts [Atom]

Pertanyaan Tentang Koi dan Kolam Koi

Monday, March 16, 2009

Pertanyaan Tentang Koi dan Kolam Koi


Berikut saya postingkan comment yang terkait dengan KOI dan Kolam KOI yang terdapat dalam comment postingan2 terdahulu (tapi saya bukan profesional di perkoian lho :-) hanya pengalaman pribadi sekedar sharing aja :-) ayo para pakar koi nimbrung dong he he) :

Dari postingan Kolam Ikan Koi di Rumah :
1. Salam kenal,
Saya punya kolam kecil (1x2x0.4m) buat ikan koi dirumah baru 4 bulanan, kolam saya sering kali berwarna hijau keruh meskipun sudah dibuat saringan dari filter kasa dan karbon yang dibeli dari toko aquarium. Bolehkah saya tahu bagaimana membuat filter yang Mas buat? Thks yach informasinya!
Jawab : Tentang filter yang saya buat dapat dibaca dipostingan Filter Kolam Koi mudah2an membantu, terus masalah kolam berwarna hijau keruh ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apakah kolam kemasukan air hujan? Kalau kamasukan air hujan biasanya ganggang akan dengan cepat berkembang biak, dan ini menimbulkan seolah-olah air berwarna hijau. Kalau bisa kolam dikasih atap dengan seng plastik transparan. Akan tetapi kalau dengan filter yang baik, meskipun kena air hujan ganggang akan disikat habis juga, nah untuk filter yang baik ini kayaknya perlu filter khusus yang saya sendiri gak tahu :-) karena kolam saya yang tidak pake penutup mengalami hal yang sama. Hanya saja sebenarnya saya yakin, ijuk juga akan mengatasi hal ini, tapi sayang saya belum coba untuk kolam yang tidak pake penutup (masih kebingungan dengan kabel2 listrik dan kondisi kolam :-)). Filter ijuk yang saya gunakan sekarang hanya saya pake untuk kolam yang saya kasih penutup.

2. Selamat Sejahtera,
Saya dan suami baru saja siap membuat kolam ikan di hadapan rumah
tapi masih fikirkan ikan yang sesuai untuk diletakkan.
Jika saya memilih ikan koi, boleh
bagi saranan bagaimana penjagaannya, ruang hadapan rumah tanpa atap (air hujan bisa masuk)
dan bagaimana mendapatkan filter yang sesuai.
Harap mendapat maklum balas segera.
Terima kasih ya.
Jawab : Mungkin jawaban untuk nomer satu bisa mewakili?

3. Ikan koi adalah ikan peliharaan yang gampang gampang susah, dia suka air yang jernih sehingga perlu sirkulasi air kolam yang dilewatkan filter. Karena makanannya banyak maka kotorannya juga banyak, penyakit yang sering muncul adalah kutu barangkali kutu ini datang dari air yang kurang bersih atau tertular dari koi yang lain. Cara menghilangkan kutu seperti yang diatas cukup membantu. Tidak perlu kawatir kalau kolamnya diluar rumah.
Jawab : Yups thank atas masukannya pak, pernah saya mengulas cara menghilangkan kutu ikan? he he kok lupa ya... ntar deh saya bikin tips cara menghilangkan kutu ikan pada koi, cukup ampuh lho he he.

4. Baru enam bulan saya punya kolam ikan yang saya isi dengan ikan koi, dengan ukuran 3m x 1m x 0,4m.
Tapi akhir2 ini kami mulai mengeluh karena kolam cepat kotor, setelah dikuras paling lama 5 hari kolam sudah kelihatan keruh lagi. Kolam memang tidak saya buatkan filter, saya kasih filter yang saya beli di toko ikan, tapi filter itu juga harus 3 harisekali dibersihkan, dan kami mulai malas, tadinya kolam ikan mo buat hiburan, sekarang dah mulai buat ribut. Tolong buatkan desain kolam ikan yang baik. Sehingga cukup 1 bulan sekali kami kuras kolamnya. Trim,s
Jawaban ngeblogging : Coba pak pake filter dengan media seperti yang saya sebutkan, ijuk. Mudah2an masalah kolam bapak bisa terselesaikan. Coba dulu deh pake ember dan ijuk untuk membuktikan hasilnya (lihat link pada jawaban no 1) , daripada sudah desain bak filter tapi nanti kecewa dengan performansi ijuk, kalau dah merasakan sendiri baru ganti ember dengan bak yang bagus...

5. Salam kenal,
untuk membeli ikan koi yang murah dimana ya...???
mungkin mas nya punya alamat nya...
terima kasih
Answer : Koi murah atau bagus? Kalau bagus pasti ya ke Koi Farm, tapi ya harganya cukup lumayan, akan tetapi kalau murah dan bagus ya di parung, bogor. Disini masalah murah iya, akan tetapi kalo bagus ya tergantung nasib he he, artinya kalau pas dapat yang bagus ya bagus, apalagi kalo kita tongkrongin sejak jam 4 subuh, pas pedagang buka lapaknya biasanya koi masih bagus2. O iya parung adalah pasar ikan tradisional, dia ada pada hari senin, rabu dan jum'at mulai sekitar jam 4 pagi sampe jam 7 pagi.

6. Salam kenal..saya berencana buat kolam ikan dgn luas 2x2x0,4(dibelakang rmh)saya bingung jika slh buat konsep u/kolam tsb baik u/sirkulasi air&filterñ tdk bnr akan buat air keruh mohon bantu konsep u/buat sirkulasi air&filternya.
Ans : Mungkin jawaban2 di atas sudah membantu ya?

7. Allo.. Trik anda menggunakan sapu ijuk kelihatannya menarik juga.. Hemat biaya dan waktu.. Kalau boleh saya diberikan sedikit gambaran bagaimana cara membuatnya (sketsa).. Terimakasih..
Jawabannya : Sudah terjawab di atas? kalau masalah desain tolong deh it's simple kok, believe me. Yang penting air yang mau masuk ke kolam melalui media ijuk dulu.

Dari postingan Pakan Koi :
1. bos beli pakan koi dimana ya agennya? tolong di bls n klo bisa ke email saya.
answ : Saya pake PK untuk makanan koi, PK2 untuk koi yang ukuran kecil sedangkan PK5 untuk yang ukuran besar. Tidak ada beda antara PK2 dan PK5 hanya masalah ukuran aja, 2 mm dan 5 mm. Pakan koi ini banyak terdapat di toko2 penjual makanan ikan atau toko ikan hias.

Di atas beberapa pertanyaan yang ada di comment postingan mengenai koi, mudah2an jawabannya bisa membantu ya :-) Kalau ada pertanyaan dan sharing silahkan isi comment. tengkyu.

Labels:



Dapatkan update Pertanyaan Tentang Koi dan Kolam Koi dengan join ke reader

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mohon hati hati kalau beli koi di pasar ikan hias baiknya dipilih yang berada di pasar cukup lama karena kalau yang pasar pagi buka sore tutup sulit dideteksi ikan tersebut sakit atau berkutu. Kalau sakit bisa menular ke ikan kita yang sehat.Ikan koi gampang sakit dan mudah tertular penyakit

1:01 PM
Anonymous ngeblogging said...

Betul sekali pak, pengalaman saya juga demikian. Waktu itu saya beli ikan di pinggir jalan, hanya satu ekor,kecil lagi he he... kemudian saya campur dengan ikan di kolam, hasilnya semua tertular kutu dan mati semua tak bersisa. Oleh karena itu betul kata bapak, carilah koi yang benar2 sehat (di Koi Farm dan sejenisnya) akan tetapi kalau beli di pasar pagi tutup sore, jangan langsung di campur... Harus dikarantina dulu berhari-hari dengan perlakuan khusus sampai benar2 siap dicampur ikan di kolam. Makasih bapak atas komennya.

8:21 PM
Blogger andika rajasa said...

Hobiers Koi

Nanya dong, saat ini saya sedang membuat kolam di rumah saya. Saya maunya mulai belajar untuk memlihara Koi. Ukuran kolam saya 4Mx1Mx50 cm.

Kolam outdoor dan maunya buat filter permanen tetapi tidak paham benar bagaimana caranya untuk membuat filter permanen tersebut. Apakah ada refensi atau gambar yang menunjukkan bagaimana cara membuat filter permanen, rencananya pengen buat 2 kotak.

Mohon bantuannya.
Salam - Andika

9:37 PM
Blogger HOBI KOI said...

holaa omm gw ada bayak ikan kooi ,
kalo ada temen mau beli kenalin jaa ke GW om ..
kalo enggak kirim imael aj ya ke sini ..
surf_koi@ymail.com

tank kabar 2x

10:38 AM
Blogger dinar said...

Tolong kasih tau apa obat nya kalo koi sudah tertular ikan dari pasar, yang jelas keadaanya sekarang koi berjalan miring dan bengong, sudah saya karantina tetapi hasilnya sama saj, apa tidak bisa di sembuhkan, al hasil satu persatu mati. mohon sarannya. secepatnya

12:27 PM
Blogger dinar said...

Tolong kasih tau apa obat nya kalo koi sudah tertular ikan dari pasar, yang jelas keadaanya sekarang koi berjalan miring dan bengong, sudah saya karantina tetapi hasilnya sama saj, apa tidak bisa di sembuhkan, al hasil satu persatu mati. mohon sarannya. secepatnya

12:28 PM
Blogger izzy said...

mas bagaimana caranya kalo mau mnjinakkan ikan koi
mslahnya ikannya ska d dasar kolam
kalo dksh makan juga g lagsng dmkan

3:02 PM
Blogger Antony Rasubala said...

tolong tanya, ikan koi saya seminggu ini kalo pagi selalu panik dan tidak mau makan, dan pada waktu panik mereka sukanya berdempetan. pada siang harinya mereka kembali tenang. mohon informasi dari para sesepuh sekalian. terima kasih banyak.

8:38 AM

Kirim Komentar untuk Pertanyaan Tentang Koi dan Kolam Koi post.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home