Mengurus Perpanjangan Pembuatan Paspor Terbaru

BLOGGING - Personal and Human Life Sekelumit catatan tentang nge-blogging, sebagai sarana share pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to My AOL Subscribe in Bloglines

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

LEAVE YOUR OPINION
Free shoutbox @ ShoutMix


Latest News ARCHIVE September 2006 | October 2006 | December 2006 | February 2007 | March 2007 | April 2007 | May 2007 | June 2007 | July 2007 | March 2009 | April 2009 | September 2011 | December 2011 |





  Powered by Blogger   Subscribe to
Posts [Atom]

Mengurus Perpanjangan Pembuatan Paspor

Monday, March 16, 2009

Mengurus Perpanjangan Pembuatan Paspor


Seharian tadi menemani kawan ke kantor Imigrasi untuk mengurus perpanjangan paspor. Setelah memastikan alamat kantor imigrasi tempat pengurusan paspor, jam buka kantor, terutama tutupnya jam berapa, eh bukan tutupnya tapi jawaban dari kantor imigrasi tadi bilang, "mau menyerahkan berkas ya pak? kalau penyerahan berkas sampai dengan jam dua siang". Terus tidak lupa menanyakan biaya perpanjangan/pembuatan paspor serta syarat2nya.

Setelah semua syarat sudah dilengkapi, maka kami pergi ke sana untuk segera mengurusnya. Berikut adalah berkas-berkas yang harus disiapkan dalam pembuatan paspor :

1. Paspor lama untuk yang melakukan perpanjangan
2. KTP
3. KK
4. Surat nikah
5. Ijazah
6. Akta lahir
7. Surat keterangan bagi yang bekerja
(Semua berkas tersebut dalam bentuk foto kopi)

Setelah sampai di kantor imigrasi kemudian kita harus membeli stopmap berisi berkas untuk diisi, harganya Rp. 8000,- dan materai Rp. 6000. Syukur antriannya tidak banyak, tidak sebanyak kalau kita mengurus SIM atau perpanjangan STNK (sekarang perpanjangan SIM dan STNK juga sudah gampang sekali he he). Setelah berkas passport kita isi, kemudian kita serahkan ke loket untuk menunggu giliran validasi kelengkapan lampiran yang kita berikan. Setelah dilakukan validasi kita dipanggil untuk menerima jadwal pembayaran dan pengambilan foto. Oh iya, biaya pembuatan paspor sebesar Rp. 270.000,- yang akan dibayarkan pada saat kita akan dilakukan pengambilan foto. Jadwal pembayaran dan pengambilan foto akan dilakukan pada tanggal 19 Maret 2009, jadi sekitar 3 hari lagi. Bisa dikatakan bahwa pembuatan paspor memakan waktu 3 hari (untuk pengambilan foto, penyerahan dokumen asli (untuk dicocokkan dengan foto kopian), pembayaran sebesar dua ratus tujuh puluh ribu rupiah, serta wawancara. Setelah itu pasport akan jadi sekitar delapan hari kemudian.

Ternyata cukup simple dan mudah, and gampang he he... eh iya pasport berlaku selama lima tahun, dan harus diperpanjang lagi untuk mendapatkan yang baru. Bagaimana dengan visa? ya kalau visa sih setelah mempunyai paspor harus datang ke kedutaan negara yang akan kita tuju...

Labels:



Dapatkan update Mengurus Perpanjangan Pembuatan Paspor dengan join ke reader

6 Comments:

Blogger Madame Niek Hatibie said...

tanya dong, ini urusnya di ktr imigrasi mana ya?..kebetulan aku juga mau urus perpanjangan paspor. kelihatannya simple.

4:13 PM
Anonymous Anonymous said...

Benar Madame, untuk urusan paspor tinggal datang saja ke kantor imigrasi tempat ibu berdomisili, sesuai dengan KTP. Saya kira semua kantor imigrasi menerapkan peraturan yang sama. Tapi jangan lupa, harus lewat loket, langsung aja ke bagian info. Jangan sampai lewat calo, bisa-bisa biayanya 2 kali lipat, meskipun si calo bisa menjanjikan besok langsung foto...

8:59 PM
Anonymous Anonymous said...

saya ingin bertanya, untuk syarat terakhir, surat keterangan untuk bekerja, apakah itu harus kita minta dari perusahaan tempat kita akan bekerja?atau itu tidak menjadi syarat mutlak yang harus ada?terimakasih. :)

1:59 PM
Blogger jeje said...

canada goose outlet
dsquared clothing
yeezys
off white shoes
coach outlet online
true religion outlet store
oakley sunglasses wholesale
moncler jackets
coach outlet
christian louboutin shoes

8:16 AM
Blogger Unknown said...

www0717
christian louboutin outlet
furla handbags
cheap jordans
visvim shoes
ferragamo shoes
nuggets jerseys
ugg boots
hornets jerseys
bucks jerseys
michael kors











9:58 AM
Blogger yanmaneee said...

fila shoes
nike react
nike cortez
golden goose outlet
christian louboutin outlet
jordan shoes
jordans
christian louboutin shoes
jordan shoes
michael kors

4:38 PM

Kirim Komentar untuk Mengurus Perpanjangan Pembuatan Paspor post.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home