Kolam Ikan Koi di Rumah Terbaru

BLOGGING - Personal and Human Life Sekelumit catatan tentang nge-blogging, sebagai sarana share pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to My AOL Subscribe in Bloglines

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

LEAVE YOUR OPINION
Free shoutbox @ ShoutMix


Latest News ARCHIVE September 2006 | October 2006 | December 2006 | February 2007 | March 2007 | April 2007 | May 2007 | June 2007 | July 2007 | March 2009 | April 2009 | September 2011 | December 2011 |





  Powered by Blogger   Subscribe to
Posts [Atom]

Kolam Ikan Koi di Rumah

Wednesday, July 25, 2007

Kolam Ikan Koi di Rumah


Memelihara ikan Koi merupakan kenikmatan tersendiri. Keindahan dan kemolekan tubuhnya membuat mata betah memandang dan membuat batin menjadi tenang. Apalagi pada saat memberi makan, Koi-Koi akan menghampiri kita dengan bersemangat. Bahkan kita bisa memberi makan Koi dengan tangan langsung. Mulut-mulut ikan Koi yang menyentuh tangan kita memberikan sensasi tersendiri, bahkan kita bisa mengelus kepalanya. Karena ikan Koi termasuk ikan yang bisa mengenal pemiliknya, bahkan kalau jagoanku "mengobok-obok" kolam pakai tanganpun maka akan disamperin sama ikan-ikan tersebut.

Idealnya kolam Koi untuk pembesaran mempunyai kedalaman sekitar 2 meter. Akan tetapi untuk dirumah, mengingat kondisi rumah dan luas tanah, kolam Koi dirumahku hanya mempunyai ukuran 2.5 kali 1 meter dengan kedalaman air sekitar 40 cm. Memang pertumbuhan Koi jadi lambat, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti, karena Koi ku ada yang mempunyai ukuran 45 cm-an, jadi bagiku sudah cukuplah. Soalnya kalau menuruti keinginan untuk membuat kolam yang lebih baik, nanti istriku mencak-mencak... he he

Kolam Koi yang ditumbuhi lumut merupakan kolam yang baik, asalkan airnya tetap jernih (lumut yang berwarna hijau yang mengambang/melayang dalam air yang menyebabkan air keruh tidak baik, biasanya ini terjadi kalau kolam tercampur dengan air hujan. Kebetulan kolamku berada dalam rumah, yang diatasnya aku beri atap transparan, jadi air hujan tidak masuk). Lumut tersebut harus merupakan lumut asli (menempel dalam dinding). Lumut tersebut merupakan makanan alami dari Koi dan banyak mengandung spirinula yang berfungsi untuk membuat warna ikan menjadi semakin terang / cerah. Selain itu dengan backgroun lumut (hitam/hijau gelap) maka ikan Koi yang sebenarnya biasa saja maka akan kelilhatan lebih cantik.

Untuk kolam yang sederhana seperti kolamku, filter yang digunakan cukup memakai ijuk, dan hasilnya meskipun samapi 1 minggu tidak aku cuci, air tetap jernih. Caranya bikin bak disamping kolam dengan 2 ruangan, kemudian dengan pompa air dialirkan ke dalam ruang pertama, sementara ruang kedua diberi ijuk. Kemudian dari ruang kedua air dialirkan kembali ke dalam kolam. Hasilnya dengan biaya maintenance yang murah, air tetap bersih. Ada yang tertarik dengan sistem filter ini? silahkan beri komentar, kalau memang banyak yang tertarik Insya Allah nanti akan saya gambarkan sistem filter ini biar lebih jelas.

Edited : Sehubungan dengan banyaknya comment, saya buatkan postingan Filter Kolam Koi mudah2an menjawab pertannyaan yang ada di comment :) oh iya selain itu beberapa comment saya kompulir di pertanyaan tentang koi sekalian untuk membahasnya, ditunggu comment and sharingnya lho..

Labels: ,



Dapatkan update Kolam Ikan Koi di Rumah dengan join ke reader

32 Comments:

Blogger Didin said...

Salam kenal,
Saya punya kolam kecil (1x2x0.4m)buat ikan koi dirumah baru 4 bulanan, kolam saya sering kali berwarna hijau keruh meskipun sudah dibuat saringan dari filter kasa dan karbon yang dibeli dari toko aquarium. Bolehkah saya tahu bagaimana membuat filter yang Mas buat? Thks yach informasinya!

4:45 PM
Anonymous Anonymous said...

Selamat Sejahtera,
Saya dan suami baru saja siap membuat kolam ikan di hadapan rumah
tapi masih fikirkan ikan yang sesuai untuk diletakkan.
Jika saya memilih ikan koi, boleh
bagi saranan bagaimana penjagaannya, ruang hadapan rumah tanpa atap (air hujan bisa masuk)
dan bagaimana mendapatkan filter yang sesuai.
Harap mendapat maklum balas segera.
Terima kasih ya.

9:49 AM
Anonymous Anonymous said...

Ikan koi adalah ikan peliharaan yang gampang gampang susah, dia suka air yang jernih sehingga perlu sirkulasi air kolam yang dilewatkan filter. Karena makanannya banyak maka kotorannya juga banyak, penyakit yang sering muncul adalah kutu barangkali kutu ini datang dari air yang kurang bersih atau tertular dari koi yang lain. Cara menghilangkan kutu seperti yang diatas cukup membantu. Tidak perlu kawatir kalau kolamnya diluar rumah.

12:59 PM
Anonymous Anonymous said...

Baru enam bulan saya punya kolam ikan yang saya isi dengan ikan koi, dengan ukuran 3m x 1m x 0,4m.
Tapi akhir2 ini kami mulai mengeluh karena kolam cepat kotor, setelah dikuras paling lama 5 hari kolam sudah kelihatan keruh lagi. Kolam memang tidak saya buatkan filter, saya kasih filter yang saya beli di toko ikan, tapi filter itu juga harus 3 harisekali dibersihkan, dan kami mulai malas, tadinya kolam ikan mo buat hiburan, sekarang dah mulai buat ribut. Tolong buatkan desain kolam ikan yang baik. Sehingga cukup 1 bulan sekali kami kuras kolamnya. Trim,s

8:54 AM
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal,
untuk membeli ikan koi yang murah dimana ya...???
mungkin mas nya punya alamat nya...
terima kasih

3:51 PM
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal..saya berencana buat kolam ikan dgn luas 2x2x0,4(dibelakang rmh)saya bingung jika slh buat konsep u/kolam tsb baik u/sirkulasi air&filterñ tdk bnr akan buat air keruh mohon bantu konsep u/buat sirkulasi air&filternya

6:43 AM
Blogger Riaspati said...

Salam kenal..saya berencana buat kolam ikan dgn luas 2x2x0,4(dibelakang rmh)saya bingung jika slh buat konsep u/kolam tsb baik u/sirkulasi air&filterñ tdk bnr akan buat air keruh mohon bantu konsep u/buat sirkulasi air&filternya

6:48 AM
Anonymous Gen said...

Allo.. Trik anda menggunakan sapu ijuk kelihatannya menarik juga.. Hemat biaya dan waktu.. Kalau boleh saya diberikan sedikit gambaran bagaimana cara membuatnya (sketsa).. Terimakasih..

11:11 PM
Anonymous angga said...

Salam hangat buat semua
Komentar dari para pehoby pemula dan amatir tentang pemeliharaan ikan koi membuat saya jadi ikut tersenyum, karena pengalaman yang mereka alami persis sama dengan yang kami alami, seperti air kotor belum ada satu minggu, ikan mati, dan tadinya ingin jadi hiburan malah ngeropotin itu semua benar, sampai-sampai kami hampir putus asa karena selain ikan yang sering mati, membersihkan kolam sangat sangat menyusahkan dan menyita waktu, apalagi ditempat kami harga ikan koi cukup mahal dan koleksinya sangat terbatas, yah sekarang dengan kondisi yang sangat terbatas kami tetap memelihara ikan koi walaupun tidak seantusias awalnya, pertanyaan saya
1. apakah air yang menggunakan PDAM masih sehat untuk air kolam
2. apakah perlu didalam kolam diberikan airator untuk oksigen ikan
3. berapa kalikah dalam satu bulan membersihkan kolam
4. ditempat kami sering giliran listrik mati berapa lamakah ikan bertahan tanpa airator

9:32 AM
Anonymous Anonymous said...

kita sama pak kalau masih amatir dalam pelihara koi, karena konci, pemeliharaan ikan adalah air dan air paling bertahan hanya 1 minggu

9:33 AM
Anonymous Anonymous said...

halo, menurut gw, kalo pelihara ikan koi, jangan sering2 menguras kolam ikan. Kalo mau menguras, harus disiapkan air yg sudah diendapkan (air nya didiamkan) kurang lebih 1-2 hari.

kolam ikan ku cuman pake filter kapas plus batu2 kecil, baru2 ini mo coba buat pake filter biologi, untuk info lebih lanjut bisa lihat di http://o-fish.com/Filter/top_filter.php.

Web o-fish.com sangat membantu dalam mengerti filter ikan

6:31 PM
Blogger Irwan said...

Salam kenal,
Saya pemula di Koi. Kolam saya persis seperti milik anda. 1,5 x 1 m dgn kedalaman 0,5 m. Dua minggu yg lalu saya isi 13 ekor dengan panjang 15cm. Tapi sekarang sisa 3. Mati masal dgn sisik seperti kena jamur bulat bentuknya. Loyo tdk mau makan. Mohon bantuan jenis obat alami yg bagus. Trims. Email: idwiyuni7@gmail.com

10:38 PM
Blogger Irwan said...

Salam kenal,
kebetulan kolam saya persis seperti anda. Saya pemula di koi.
Dua minggu yg lalu saya isi 13 ekor ukuran 15cm. Tapi sisa 3 karena mati masal. Sisik seperti kena jamur, bulat-bulat. Bagaimana pencegahan serta obat yang bagus. Makasih.

10:41 PM
Blogger Irwan said...

Salam kenal,
Saya pemula di Koi. Kolam saya persis seperti milik anda. 1,5 x 1 m dgn kedalaman 0,5 m. Dua minggu yg lalu saya isi 13 ekor dengan panjang 15cm. Tapi sekarang sisa 3. Mati masal dgn sisik seperti kena jamur bulat bentuknya. Loyo tdk mau makan. Mohon bantuan jenis obat alami yg bagus. Trims. Email: idwiyuni7@gmail.com

10:45 PM
Blogger RZ-Water Treatment Specialist said...

Saya Ricky.. Salam Kenal..

-Koi Lovers-

7:42 AM
Anonymous Anonymous said...

Saya bercadang membina kolam ikan koi, bagaiman filter yan tuan maksudkan..boleh posting tak?

11:56 AM
Anonymous Anonymous said...

perlu memeriksa:)

3:37 AM
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal buat semua pecinta kolam ikan... :-) Mungkin sedikit tambahan buat filtrasi model ruangan tadi, saya ada sedikit pengalaman dimana awalnya air kolam saya selalu cepat keruh dan kotor, akan tetapi setelah saya buat 3 ruangan untuk filtrasi air, dimana ruang 1 untuk mengalirkan air dari kolam secara langsung (dengan membuat pralon tembus ke dasar kolam). air dari ruang pertama saya alirkan secara alami keruang kedua yang berisi ijuk,kasa dan bioball serta tanaman eceng gondok yang dapat mengikat kotoran di akarnya, lalu air tadi mengalir keruang ketiga sebagai penampungan akhir sebelum di tarik oleh pompa dan di alirkan kembali ke kolam. Hasilnya kolam saya tetap jernih dan pompanyapun bebas dari kotoran. Perawatan yang diperlukan paling hanya cek dan bersihkan filternya jika terlihat sudah mulai kotor sekali. Oh ya sebagai tambahan pernah ada yang menyarankan saya untuk menambahkan arang pada ruang 2 sebagai penyerap zat-zat yang mungkin berbahaya bagi ikan. Semoga membantu

4:35 PM
Blogger DQ'eko ch said...

as.wr,wb
saya juga mempunyai ikan koi dengan kolam 3x1.5m kedalaman 40cm. lumanyan saya sudah 1 tahun lebih memeliharanya. saya suka dengan saran dan info dari anda.

10:34 AM
Blogger DQ'eko ch said...

saya sangat setuju dengan anda, karna saya juga sama mempunyai kolam yg sama dengan ada.

10:36 AM
Anonymous jeblognetter said...

saya sedang belajar dalam pemeliharaan ikan koi ini. mungkin cara yang mas terapkan bisa saya terapkan juga. moga sukses selalu.......

12:02 AM
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal pak. Mohon bimbinganx. Kebetulan sy mau membuat kolam ikan yg memang buat koi. Tempatx di halaman belakang rumah (outdoor), ukuran kolam dibuat seluas 2x5 meter. Menurut bapak apa itu tidak terlalu luas?. Di atas kolam akan sy buat semacam gazebo untuk tempat santai sambil memberi makan koi. Artikel yg pernah saya baca, kolam koi tidak disarankan terkena matahari langsung..mohon saranx ya trims

3:51 PM
Blogger uki said...

met kenal,
saya punya kolam lom ada filternya jadi setiap seminggu sekali harus nguras, jdi boros air. saya terarik dengan tip filter anda coba beri penjelasan tahapan dan design filternya trims

10:07 AM
Anonymous Anonymous said...

kalau boleh tau apa aja obat untuk ikan koi

5:42 PM
Anonymous Feri Fahriyanto said...

Artikel kolam koi yang bagus dan bermanfaat.

9:59 PM
Anonymous Anonymous said...

saya mempunyai kolam 2x2x0.7 m.
isinya 4 ekor koi, 4 koki, dan 4 ikan kecil. pertanyaan saya, mengapa kolam saya dipenuhi busa (maaf seperti ludah)? mohon bantuan teman2, terima kasih...

10:22 PM
Blogger BAJA RINGAN SURABAYA, BAJA RINGAN MALANG said...

jika anda butuh pengerjaan kolam ikan,kami bisa mengerjakan kolam ikan impian anda lengkap dengan filternya... hubungi saya di nomor ini 085649842128, Ferdi.tukang kolam ikan

8:51 PM
Anonymous Peluang Usaha said...

home sweet home ni...

9:11 PM
Anonymous Anonymous said...

Terima kasih artikelnya, simple, menarik dan sangat membantu, terutama bagi pemula spt saya. Saya berencana membuat kolam untuk ikan koi diatas bab septic tank (pxlxt=220x90x60), kira gmn ya? Apakah tidak terlalu panas nantinya suhu air kolamnya? Terima kasih. Salam hangat.

2:25 PM
Anonymous Bagus said...

Wah, menarik sekali kalau bisa pelihara koi di rumah, pengalaman saya dulu sih koi sering mati, mungkin gara-gara kurang sirkulasi, jadinya takut buat pelihara koi lagi :(
Kunjungi blog saya juga di Bagus Blog of Fisheries

10:09 PM
Anonymous Anonymous said...

ЪϊśΩ̶̣̣̥̇̊ Ъќ>:/ foto kolamnya dimuat berikut cara filterisasinya. ° • · ♥·♡ τнäηκ чöü ♥·♡ · •....

2:17 PM
Anonymous Anonymous said...

Saya baru buat kola ukuran 2,8 m x 40 cm x 40 cm dipojok blakang rmh, msh itungan di dalam rumah sih...sy masukin ikan koi 5 ekor dan sy cmpur nila 60 ekor msh kecil2, ternyata koi jauh lebih sehat dibanding kan nila krn nila sdh mati skitar 20 ekor smntara koi alhamdulillah msh sehat aja, krn melihat koix sehat skrg sy tambah lg 3 ekor koi jenis platinum tp 1 ekor tewas krn slalu melompat dan terjatuh kluar kolam pagix koi dah terkapar dilantai, kesimpulanx trnyata melihara koi ИƓƓΛҠ trlalu susah yg penting bisa mnjaga kwalitas air, perlu agan2 ktahui sy memakai filter sederhana yg sy buat sndiri dari kaleng cat bekas yg ukuran bsr dalam kaleng sy isi dgn ijuk,batu zeolit, arang, n jap mat...kolam sy slalu jernih ikanx jg kliatan asyik2 aja..

8:50 AM

Kirim Komentar untuk Kolam Ikan Koi di Rumah post.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home