Format xml pada New Blogger Terbaru

BLOGGING - Personal and Human Life Sekelumit catatan tentang nge-blogging, sebagai sarana share pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to My AOL Subscribe in Bloglines

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

LEAVE YOUR OPINION
Free shoutbox @ ShoutMix


Latest News ARCHIVE September 2006 | October 2006 | December 2006 | February 2007 | March 2007 | April 2007 | May 2007 | June 2007 | July 2007 | March 2009 | April 2009 | September 2011 | December 2011 |





  Powered by Blogger   Subscribe to
Posts [Atom]

Format xml pada New Blogger

Thursday, February 15, 2007

Format xml pada New Blogger


Template Blogger yang lama menggunakan format HTML, sementara format dari New Blogger menggunakan format XML.
Pada awalnya saya kebingungan dengan format xml ini, karena sudah lebih familier menggunakan format html. Format html inipun saya masih terbata-bata, akan tetapi karena sudah sering menggunakan dan terbiasa dengan blogger maka sedikit demi sedikit akhirnya ada yang saya ketahui. thanks to blogger yang telah memaksa saya untuk bisa mengenal sedikit html code.
Pada saat saya migrasi ke New Blogger, blog yang telah saya buat dengan blogger templatenya saya kembalikan ke classic template, sehingga codenya tetap menggunakan html, dan semua layout tetap sama dengan blog yang lama. Hal ini saya lakukan karena begitu saya migrasi ke new blogger semua layout yang telah saya buat hilang (menggunakan template baru). Begitu saya ubah ke classic template layout kembali ke semula. Jadi jangan takut migrasi ke new blogger karena meskipun kita sudah menggunakan layout bawaan new blogger layout kita yang lama tidak hilang. Bahkan sekarang pun (saya menggunakan layout baru) kalau saya ubah ke classic template, maka akan ganti ke template lama dengan segala pernak-pernik yang ada pada layout lama.
Template new blogger menggunakan format xml, sementara banyak code yang akan kita masukan ke template kita menggunakan format html atau sebaliknya. Pengalaman saya barusan saya ndaftar ke neoworx untuk menempatkan counter, kemudian saya mendapatkan code html, setelah aku pastekan ke template new blogger ternyata gak bisa jalan karena formatnya tidak mendukung.
Untuk mendapatkan code xml kita harus meng-convert code html ke code xml. Tool yang bisa digunakan adalah HTML Tidy, kebetulan saya beberapa hari yang lalu mendownload software Rapid PHP 2006 (Demo 30 days expired) yang ada tool tersebut maka aku coba dan berhasil.
Hal serupa juga berlaku pada saat kita memasang banner, kalau codenya html maka harus kita convert, pertama munkin kita coba dulu, kalau muncul pesan seperti ini :

We were unable to preview your template

Please correct the error below, and submit your template again.
Your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure all XML elements are closed properly.
XML error message: The element type "img" must be terminated by the matching end-tag "".

berarti code ini masih dalam html.
contoh code banner dalam format html :
(a href='http://ngeblogging.blogspot.com')(img alt='NgeBloGGinG' id='BLOGGER_PHOTO_ID_5031429508126072530' src='http://1.bp.blogspot.com/_tOwSg-eC2u8/RdM6euBF3tI/AAAAAAAAAAM/
5TSTmrDs8no/s200/NGEBLOGGING.jpg')(/a)

Keterangan : tanda "(" sama dengan tanda "<" tanda ")" sama dengan tanda ">"

dimana dalam format xml tag img harus di tutup dengan cara kita tambahkan / setelah .jpg'> jadi .jpg'/>

hal ini mudah kita lakukan, akan tetapi kalau code htmlnya banyak seperti neoworx banyak juga code2 yang di format xml harus dirubah, maka untuk mudahnya pakai tool saja.

Banner yang dicreate oleh new blogger sudah menggunakan format xml seperti banner ngeblogging. Dengan demikian untuk memasang banner ini pada new blogger tidak masalah. Akan tetapi kalau dipasang pada classic template mungkin harus dirubah dalam format html (mungkin karena aku belum pernah mencoba), dengan menghilangkan / setelah .jpg'.


Dapatkan update Format xml pada New Blogger dengan join ke reader

0 Comments:

Kirim Komentar untuk Format xml pada New Blogger post.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home